Trending
Loading...
Monday, February 20, 2012

Tips dan Cara Agar Kita Suka Membaca Buku


Membaca buku adalah satu jalan untuk kita lebih berilmu. Dengan rajin membaca kita akan menambah wawasan kita, Apapun buku yang kita baca asalkan itu yang kita suka pasti akan terasa menyenangkan dan tidak akan menjadi beban sehingga informasi yang di terima dari buku juga akan mudah di serap.

Buku adalah jendela ilmu pengetahuan, di mana dengan membaca buku kita bisa mendapatkan tambahan wawasan ilmu yang berguna bagi kita baik saat ini maupun di masa depan. Dibutuhkan minat, kemampuan membaca dan wawasan yang cukup untuk bisa memahami isi dari buku yang dibaca. Tidak semua buku baik untuk kita, karena ada banyak buku yang bisa menjerumuskan kita pada hal-hal yang negatif.

Namun terkadang seseorang yang sebenarnya ingin tahu banyak hal tidak membaca buku karena malas untuk membaca buku. Sebenarnya untuk mendapatkan ilmu dan wawasan tidak hanya didapat dari buku saja, karena banyak sumber lain yang dapat menjadi pengganti buku seperti koran, majalah, percakapan, televisi, radio, film, seminar, pelatihan, dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat diterapkan untuk meningkatkan minat dan keinginan untuk membaca banyak buku, yaitu sebagai berikut ini :

1. Buka Buku Berdasarkan Minat atau Hobi

Jika anda suka dengan dunia otomotif, coba datang ke toko buku dan cari buku-buku tentang dunia otomotif. Dari sana mungkin anda bisa mulai menyukai mencari-cari tahu sesuatu yang anda belum tahu atau yang selama ini anda pertanyakan.

2. Jawab Pertanyaan Anda Dengan Buku

Apakah anda punya suatu pertanyaan yang ingin segera terjawab? Cobalah datang ke toko buku yang lengkap untuk mulai mencari tahu jawaban atas pertanyaan anda. Misalnya anda penasaran kenapa pohon mangga di pekarangan rumah anda tidak kunjung berbuah. Cobalah cari buku-buku tentang tumbuhan mangga dan membacanya pelan-pelan untuk mendapatkan jawabannya.

3. Iseng-Iseng Jalan-Jalan Ke Toko Buku Besar

Kalau anda punya waktu luang, cobalah datang ke toko buku besar dan iseng berkeliling sambil melihat-lihat buku yang dijual di sana. Mungkin nantinya ada beberapa judul buku yang menarik perhatian anda untuk menjamah, membuka dan kemudian membacanya dengan penuh ketertarikan.

4. Berteman Dengan Orang Yang Suka Membaca Buku (Kutu Buku)

Ada pepatah mengatakan bahwa berteman dengan tukang minyak wangi akan membuat kita jadi wangi karena kecipratan parfum minyak wangi. Mungkin kalau anda berteman baik atau mungkin juga pacaran dengan kutu buku yang hobi baca banyak buku mungkin dia akan merekomendasikan anda suatu buku yang kira-kira kita akan suka membacanya.

5. Mulailah Dari Apa Yang Anda Sukai

Kalau anda benci membaca, mungkin anda suka nonton tv atau nonton film. Cobalah anda cari video-video pendidikan dengan topik yang membuat anda tertarik untuk melihatnya. Nantinya dengan begitu diharapkan anda akan mencoba lihat-lihat buku ketika ada film yang menimbulkan pertanyaan atau ingin tahu lebih lanjut mengenai sesuatu yang belum banyak versi videonya. 


Sumber : http://www.teguhbayu.com/2011/05/tips-dan-cara-agar-kita-suka-membaca.html 

0 komentar:

Post a Comment

Nah apa komentar anda?

Copyright © 2012 PRONITY All Right Reserved
Designed by YudhizUlb
Back To Top