Trending
Loading...
Tuesday, February 7, 2012

Mengenal Google+

Google+ (Google Plus) telah menjadi topik pembicaraan yang hangat dimana-mana, situs jejaring sosial baru buatan Google itu mungkin bisa dibilang fenomenal. Para netters berbondong-bondong mendaftar Google+ pada hari pembukaan pendaftarannya untuk masa uji coba, bahkan Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook pun ikut daftar Google+!
Setelah hari pendaftaran lewat, pendaftaran untuk member baru pun ditutup. Pengunjung hanya bisa mendaftar melalui invite dari member Google+ melalui email, itu pun jika kuota pendaftaran tidak penuh. Sampai saat ini masih banyak orang yang mencari invite Google+ secara cuma-cuma.
Saya sendiri sudah berhasil gabung di Google+ berkat bantuan invite dari member Kaskus, dan saya akan membahas beberapa fitur Google+ yang menarik. Tapi saya ingin menjelaskan sedikit perbedaan yang mendasar antara Google+ dengan Facebook, antara Google+ dengan situs social network lainnya.
  • Di Facebook, untuk menjadi teman kita harus meng-add terlebih dahulu dan di-accept. Di Google+ tidak seperti itu, mungkin lebih mirip Twitter dengan follow-nya, jadi kita bisa menambahkan teman ke dalam Circles dengan sembarang.
  • Tata letak Google+ mirip seperti Facebook, jadi jika kamu sebelumnya pengguna Facebook, ketika bermigrasi ke Google+ kamu tidak akan terlalu bingung.
  • Google +1, mirip fitur Facebook Like namun dengan jangkauan yang jauh lebih luas.
  • Comment, juga mirip dengan fitur comment pada Facebook.
  • Share, ini mungkin mirip retweet pada Twitter.
Poin-poin mungkin terlihat Google+ meniru Facebook dan Twitter, tapi inilah social network. Situs jejaring sosial lain pun memiliki fitur-fitur yang mirip seperti di atas.

  • Circles
    , seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, namun dapat dipastikan kamu akan menyukai Circles dibandingkan Friend List pada Facebook.
  • Hangout, fitur ini memungkinkan kita untuk melakukan video call bersama teman-teman, seperti video conference. Fitur ini menggunakan layanan Google Talk.

  • Sparks
    , tampaknya ini akan membuat kita lebih betah di Google+, Sparks akan memberikan artikel-artikel menarik pada setiap kategori yang kita pilih. Misalnya saya memilih Movies, maka artikel-artikel yang berkaitan dengan Movies akan muncul.
  • Instant Upload, fasilitas ini baru tersedia pada gadget dengan OS Android 2.1+. Dengan Instant Upload yang diaktifkan, setiap kali kita memotret, hasil foto akan langsung di-upload ke Google+ namun tidak langsung di-publish, saat kita membuka Google+ barulah muncul foto-foto untuk diseleksi.
Mungkin tidak terlalu menarik melalui jika dibaca melalui artikel ini, namun akan sangat menarik jika kamu mencobanya.

0 komentar:

Post a Comment

Nah apa komentar anda?

Copyright © 2012 PRONITY All Right Reserved
Designed by YudhizUlb
Back To Top