Trending
Loading...
Tuesday, January 8, 2013

Teknik Sipil Jurusan Paling Keras


TEKNIK SIPIL
menyebut kata nya saja yang gampang, tapi menjalani nya butuh kerja keras yang luar biasa.
mungkin orang awam banyak yang belum tau teknik sipil itu apa.
teknik sipil adalah ilmu yang mempelajari tentang konstruksi bangunan, untuk lebih umum nya, teknik sipil bergerak di segala bidang pembangunan. semua yang berhubungan dengan pembangunan dan apapun itu, pasti melibat kan ilmu-ilmu teknik sipil.

bagi orang awam mungkin teknik sipil terlihat biasa-biasa saja dari luar. padahal mereka gak tau kalau di dalam nya penuh dengan air mata dan tangisan para mahasiswa nya.
ini jurusan yang sangat sulit.

hal pertama yang membuat jurusan ini sulit : penuh dengan hitung-hitungan
hampir semua mata kuliah nya adalah hitung-hitungan, dan merupakan ilmu pasti. jadi tidak bisa di karang dan hasil nya pasti valid.
dan bukan hitung-hitungan biasa. sipil mempelajari sampai kalkulus 5. bahkan kalkulator aja gak mampu menghitung nya, harus menggunakan aplikasi software untuk menyelesaikan nya.
kalkulator merupakan alat yang wajib di bawa setiap hari. ya bisa di katakan kalkulator adalah senjata utama para mahasiswa sipil dalam menuntut ilmu. bagaimana mungkin bisa menghitung pakai cara manual jika angka yang kalian hitung jutaan hingga miliaran.

hal kedua yang membuat jurusan ini sulit : gambar !
dalam ilmu sipil yang modern ini, para sarjana sipil tidak hanya di harapakan bisa menjadi perencana, tapi juga mejadi pelaksana di lapangan.
oleh karena itu, selain hitung-hitungan yang rumit tadi juga di ikuti oleh gambar-gambar yang rumit pula.
berbeda dengan arsitek yang lebih mementingkan estetika serta keindahan. teknik sipil lebih memfokuskan gambar nya pada perhitungan.
sehingga gambar yang mudah, bisa terlihat sangat rumit jika sudah di sertai dengan perhitungan.
selain itu kesulitan di dalam gambar ini adalah, kami harus mengerjakan nya 2 kali.
pertama kerjakan hard nya dengan menggunakan pensil serta pulpen dan rapido di atas kertas.
kemudian setelah itu gambar tersebut kita gambar lgi di dalam aplikasi auto-cad dan SAF.
jadi ada hard dan soft nya.
jadi jika gambar tangan salah, gambar komputer pun ikut salah.

hal ketiga yang membuat jurusan ini sulit : Dosen sipil sangat sulit
sangan sulit di sini bisa di artikan, sulit memberi nilai.
di sipil. nilai C itu udah bagus. karena ngedapetin aja setengah mati.
selain itu materi yang di sampaikan dosen juga sangat sulit.
lalu biasa nya soal nya itu sistematis dan panjang. salah di awal bisa menyebabkan kesalahan menyeluruh dan menyebabkan kamu mendapat kan nilai E.
dosen di sipil tidak boleh di telpon, haram hukum nya menelpon dosen sipil. itu tindakan yang sangat kurang ajar dan tidak sopan.
jadi jika mau maju atau asistensi ke dosen, kita harus menunggu dengan ketidakpastian apakah dosen nya akan datang apa tidak.
bisa saja kita nunggu dari jam 8 pagi, dan ternyata dosen nya datang jam 4 sore. itu bukan salah dosen. dosen sipil selalu benar.

hal keempat yang membuat jurusan ini sulit : TUGAS BESAR
tau kenapa tugas besar di tulis dengan huruf besar semua? biar kalian tau berapa besar tugas tersebut buat kami mahasiswa sipil.
tugas besar itu WAJIB di selesaikan jika kalian mau mengikuti uas. tanpa menyelesaikan tugas besar, kalian tidak bisa mengikuti uas, tanpa mengikuti uas bisa di pastikan nilai maksimal kalian D. jika nilai kalian banyak yang D, kalian bisa dapat ip 1 koma. bahkan mungkin bisa lebih mengenaskan lagi
TUGAS BESAR itu makan waktu, makan tempat, makan hati, makan uang, makan teman dll
makan waktu karena waktu pengerjaan nya yang panjang. bisa sampai 3 bulan untuk menyelesaikan 1 TUGAS BESAR. dan kalian tau ada berapa tugas besar di semester 4. ada 5 TUGAS BESAR. bayangkan kalian harus menyelesaikan 5 TUGAS BESAR dalam waktu satu semester jika ingin mengikuti uas di 5 mata kuliah yang ada TUGAS BESAR tersebut.
makan tempat karena tugas besar itu ukuran nya memang ada yang besar-besar. biasa nya gambar nya di kertas A1 dan A0. dan kadang kalian bisa menghabiskan ratusan kertas A4 hanya untuk menghitung.
jadi bayangkan betapa banyak nya uang yang harus kalian habis kan untuk nyelesaikan tugas itu.
makan hati karena tugas kalian belum tentu benar di mata asisten dan dosen, jadi kadang masih di suruh ngulang untuk di perbaiki.
makan teman karena TUGAS BESAR itu di kerjakan berdua, jadi kadang gara-gara tugas besar ada perselisihan yang jadi besar dan malah bisa membuat musuhan sehingga membuat kalian kehilangan teman.

sebenar nya banyak hal lagi yang membuat jurusan ini sulit. tapi seperti nya itu aja cukup aja yang di sampaikan. nanti malah kalian para generasi muda gak ada lagi yang minta masuk teknik sipil.
buat sekedar info, presiden indonesia kita yang pertama, pak soekarno ada seorang insinyur di bidang teknik sipil. sehingga wajar jika beliau pandai membangun indonesia pada masa kejayaan nya.
ingat, selama ada pembangunan di dunia, teknik sipil selalu di butuhkan.
sumber : http://aegyoo.blogspot.com/2011/08/keras-nya-dunia-perkuliahan-teknik.html

8 komentar:

  1. Meskipun demikian jangan patah semangat lho.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. tp sebenarnya teknik sipil itu menyenangkan.

    ReplyDelete
  4. Gak jauh beda sama teknik Mesin Brow. . .

    ReplyDelete
  5. Walopun susah,, tapi alhamdulillah saya bisa mendapatkan gelar ST untuk jurusan Teknik Sipil .. jadi tetap semangaattt ........

    ReplyDelete
  6. Yang di foto pasti mahasiswa politeknik negeri ujung pandang

    ReplyDelete
  7. namanya aja teknik emang kya gitu, aku jg mahasiswa jurusan teknik sipil kok tp bsa kok hdpin smuanya. pokoknya tetap smnagt aja

    ReplyDelete
  8. Rumpun ilmu teknik mmg sulit dgn spesialisasinya masing2, maka dari itu, org2 yg selesai di teknik bkn org smbrgn, minimal bisa dipastikan dia punya tekad dan smgt yg luar biasa. Salam dari ank teknik industri.

    ReplyDelete

Nah apa komentar anda?

Copyright © 2012 PRONITY All Right Reserved
Designed by YudhizUlb
Back To Top