Trending
Loading...
Wednesday, November 30, 2011

Roti Mantou, Oleh-Oleh Khas Parepare

AddThis Social Bookmark Button
mantauSebagai kota jasa dan niaga, denyut nadi perekonomian Kota Parepare banyak bertumpu pada sektor perdagangan, dan salah satu sektor usaha yang cukup menjanjikan di Kota Niaga ini adalah sektor usaha rumah tangga atau home industry.  Banyak usaha rumah tangga yang ditekuni warga, salah satunya Roti Mantou, sebagai penganan khas Parepare.
Roti khas ini telah menjadi salah daya tarik  bagi mereka yang berkunjung ke Parepare. Meski bentuknya sama dengan roti pada umumnya, begitu juga bahan yang digunakan yaitu terbuat dari terigu, namun warnanya yang putih menyerupai tahu yang dibungkus dalam plastik, telah menjadi sesuatu yang menarik bagi para warga yang datang ke  kota ini.
Roti yang terbuat dari tepung terigu ini sangat beda dengan roti umumnya yang banyak di jual di toko-toko atau kios, terutama dalam hal rasa dan kelezatannya. Roti Mantou dapat dimakan begitu saja sambil minum teh atau kopi, namun lebih lezat kalau digoreng atau dikukus sebelum dimakan. Bila digoreng mengelurkan aroma khas yang menggugah selera untuk memakannya.  Satu bungkus plastik yang terdiri dari 3 potong roti Mantuo, harganya Rp.3.500.
Salah satu penjual roti Mantuo terkenal di Parepare adalah buatan Heryadi Thamrin. Usaha jualan kue termasuk roti Mantuo dilakoninya sejak tahun 1978, namun khusus roti mantou baru ramai dipasarkan nanti tahun 2007. Awalnya dia dapat ole-ole dari keluarga di Jakarta, dan setelah dicoba dibuat dan dipasarkan, ternyata peminatnya banyak.
Dalam sehari rata-rata terjual hingga 500 bungkus. Pembelinya bukan hanya orang Parepare, nuan juga pembeli yang datang dari daerah kabupaten tetangga yang ada di sekitar kota Parepare, bahkan bayak yang warga dari Makassar atau dari luar Sulawesi Selatan membelinya sebagai ole-ole khas Parepare. (*)
 

0 komentar:

Post a Comment

Nah apa komentar anda?

Copyright © 2012 PRONITY All Right Reserved
Designed by YudhizUlb
Back To Top