Trending
Loading...
Tuesday, January 17, 2012

Cara merawat baterai laptop

1. Batere sekarang dah terbuat dari lithium-ion based. apalagi notbuk yang baru2 keluar belakangan ini dah pasti lithium. buat liatnya cek ajah di label yang ada di baterenya pasti ada tulisan lithium-ion atau lithium polymer batere.

2. batere sekarang dah ada IC controllernya dimana IC ini fungsinya untuk mengontrol arus, status batere, termometer, circuit breaker, memory untuk menghitung dah berapa kali dicas, dan banyak lagi. Istilah kerennya adalah Smart BAttery. IC ini letaknya di dalam packing batere tsb dan di notbuk itu sendiri juga ada kontrollernya untuk membaca nilai2 yang dibaca oleh IC tsb. Jadi ada sinkronisasi antar notbuk n batere.


3. BAtere notbuk itu terdiri dari beberapa batere yang dirangkai dalam satu susunan (lupa paralel atau seri ), nah batere2 ini disebut dengan cell, klo pas baca soal spek suatu notbuk terkadang disebutin sekian cell battery. Nah kenapa dirangkai? karena ga ada batere lithium yang sanggup ngasih arus -misalkan 9volt- terus menerus seperti yang dibutuhkan oleh notbuk.

JAdi klo ada istilah refill batere yang diganti yah cell batere tsb, dengan cara packing baterenya dibongkar n cell baterenya (klo ada yang cocok n sama) diisiin dengan yang baru.

4. Batere lithium itu ga ada istilah bocor, yang ada rusak karena umur pemakaian. Umur pemakaiannya itungnya bukan dari faktor kadaluarsa tapi dari CHARGE CYCLE. maksudnya hitungannya adalah sudah berapa kali batere tsb dicharge (cas)? baik dicas dari kosong sampe full atau cas dari separoh sampe full atau dicas cuma setengah jam ga sampe full atau apapun yang namanya adaptor dicolok n indikator pengisian batere nyala (sebagai tanda batere sedang dicas) itu dihitung sebagai CHARGE CYCLE.


Jadi bohong klo ada yang bilang batere lithium itu bisa bocor yang ada daya simpannya dah berkurang jadinya kaya bocor. Umumnya CHARGE CYCLE itu bisa tembus 400x cas jadi umur rata2 batere notbuk itu memang 1-2tahunan dengan catatan dicas tiap hari.


5. Batere lithium sangat terpengaruh oleh suhu. Jadi klo suhu baterenya terlalu dngin atau panas, daya simpannya akan berkurang n lama2 bisa rusak . Untuk tau seberapa suhunya silahkan liat manual masing2.


6. Ada 2 macam batere lithium yang umum dipake dibagi berdasarkan jenisnya:

- Lithium Ion: ini yang paling umum dipake dimana2 mulai dari hape sampe notbuk sampe batere bios. biasanya disingkat jadi li-ion.
- Lithium polymer: ini yang paling baru, dimana bentuknya batere itu dalam bentuk pasta baru dipacking dalam satu kemasan tertentu. keunggulannya ada pada karena bentuknya pasta jadi mudah dibentuk n bisa dibikin tipis banget juga sifat chargenya yang lebih lamban tapi lebih maksimal daya simpannya ga seperti li-ion yang cepet berkurang daya simpannya. Sebetulnya hanya perkembangan dari batere lithium ion sajah.

1 komentar:

Nah apa komentar anda?

Copyright © 2012 PRONITY All Right Reserved
Designed by YudhizUlb
Back To Top